Langsung ke konten utama

TIPS MENYUSUN RESEP MENU MASAKAN UNTUK KELUARGA

TIPS MENYUSUN RESEP MENU MASAKAN UNTUK KELUARGA

TIPS MENYUSUN RESEP MENU MASAKAN UNTUK KELUARGA

Bagi para ibu rumah tangga, menyusun menu masakan keluarga sering menjadi masalah tersendiri. Karena Ibu harus dapat menghidangkan sajian makanan yang variatif, sehat, sesuai selera seluruh anggota keluarga, proses memasak tidak terlalu merepotkan serta menyita waktu, dan menyesuaikan dengan anggaran belanja.

Berikut ini beberapa cara yang cukup sederhana dan mudah dalam menyusun menu masakan.

Tentukan Berapa Jenis Masakan Yang Akan Anda Masak Setiap Harinya.
Misalnya, Anda menentukan bahwa setiap hari menu yang akan dibuat terdiri atas dua atau tiga jenis masakan.

Buat Daftar Lauk Dan Sayuran Yang Dapat Anda Masak Dan Sesuai Selera Keluarga
Makin banyak lauk yang masuk ke dalam daftar, Anda akan makin mudah menyusun menu harian. Jika lauk yang masuk dalam daftar terlalu sedikit (misalnya kurang dari 10), Anda dapat menambahnya dari berbagai sumber, antara lain browsing internet, majalah wanita, tabloid, dan buku resep.

Buat Daftar Menu Tambahan Sebagai Pelengkap Hidangan Masakan
Pelengkap hidangan masakan di sini sebagai contoh misalnya sambal, acar, dan kerupuk.

Pasangkan Sayur Dengan Lauk Yang Sesuai Agar Perpaduan Menu Menjadi Pas
Kita ambil contoh misalnya, sayur berkuah dipasangkan dengan lauk kering, sayur yang pedas dipasangkan dengan lauk tidak pedas, sayur tidak bersantan dipasangkan dengan lauk bersantan.

Anda sebaiknya hiindari untuk memasangkan sayur dan lauk dengan bahan sejenis (contohnya: sup daging sapi dengan ayam goreng yang sama-sama daging), dan tidak terlalu sering memasangkan masakan dengan teknik pegolahan yang sama (sayur yang ditumis sebaiknya tidak terlalu sering dipasangkan dengan lauk yang teknik memasaknya digoreng).

Andaikan Daftar Menu  Habis, Ulangi Menu Hari Pertama Dan Seterusnya.
Hal ini bisa dilakukan dengan sedikit modifikasi. Misalnya, hari pertama menu balado terong dan ayam goreng. Maka, hari itu  Anda dapat menyajikan balado terong dengan ikan goreng.

Menu Harus Seimbang
Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal penting, sehingga menu masakan akan variatif, memenuhi kebutuhan asupan gizi keluarga, sesuai anggaran belanja, dan dapat dinikmati seluruh anggota keluarga.

Jangan takut mencoba menu baru. Salah satu contohnya variasi masakan dengan So Good Sosis dan Nugget yang enak dan bergizi.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa menjadi acuan Anda saat menyusun menu masakan, Jika ada balita  di dalam keluarga, tentunya Anda harus menyajikan menu tambahan tersendiri, yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jangan lupa bahagia Happy People, Hidup hanya sekali. Paling tidak itu yang kita percayai. Jangan sia-siakan kesempatan. Ini hidup!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MERAYAKAN HARI VALENTINE BERSAMA KELUARGA TERCINTA

MERAYAKAN HARI VALENTINE BERSAMA KELUARGA TERCINTA Happy People, Merayakan Hari Valentine atau yang juga kita kenal dengan hari kasih sayang tidak selalu harus dilakukan bersama pasangan saja. Jika Happy People sudah berkeluarga dan memiliki anak, Merayakan Hari Valentine juga tetap seru dan romantis jika dilakukan bersama-sama dengan pasangan dan anak. Simak beberapa ide Merayakan Hari Valentine yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Ada beberapa cara seru yang bisa dilakukan untuk menghabiskan hari kasih sayang yang spesial tahun ini. Ajak keluarga untuk piknik Piknik bersama keluarga merupakan salah satu ide yang bagus untuk perayaan Hari Valentine bersama keluarga kita tercinta. Pilih lokasi yang sejuk dan nyaman namun jangan terlalu jauh agar keluarga tidak kelelahan. Makan bersama keluarga dengan bekal makanan yang dibawa. Lebih asik bila memilih lokasi terbuka pastinya yang akan membuat momen ini menjadi pengalaman yang seru. Dan tentunya jangan lupa untuk mengabadik

EBI KATSU DALAM RESEP

EBI KATSU DALAM RESEP   Biasa dikenal dengan nugget udang, Ebi Katsu terbuat dari resep asli Jepang dengan bahan berkualitas tinggi dan kandungan udang yang melimpah. Jangan  lupakan pula So Good Sosis yang dapat diolah dalam berbagai makanan yang enak dan bergizi.

ABC BRUSCHETTA WITH SO GOOD NUGGET ALPHABET

ABC BRUSCHETTA WITH SO GOOD NUGGET ALPHABET Happy People, Berikut bahan & cara membuat resep “ABC Bruschetta” dengan menggunakan berbagai produk So Good Nugget Alphabet. Bahan: 12 pcs So Good Nugget Alphabet 3 pcs So Good Chicken Sosis – Iris membulat 2 sng Bawang putih, cincang ½ sng Bawang bombai 2 sdm Mentega 1 btr Telur, kocok lepas ¼ sdm Pala bubuk 1 sdt Peterselly cincang 1 bh Tomat, blanch, buang kulit, cincang kasar 50 g Kacang polong 1 gr Merica hitam bubuk 100 g Cream, Mozzarella cheese + Garam dan Gula secukupnya + Minyak untuk menggoreng Cara Pembuatan :   Lelehkan mentega, masukan bawang putih dan bawang bombai, tumis hingga halus. Tambahkan telur, aduk hingga rata. Masukan secara berurutan SG Chicken Sausage, wortel, tomat dan kacang polong, masak hingga matang. Tambahkan pala, merica, garam dan gula. Saat akan diangkat, masukan cream, didihkan kembali, angkat. Oles french bread dan mentega, taruh 1-2 sdm bahan to